Koran Kampus

[FOTO] Hacker “Usil” Serang Web Kemahasiswaan IPB

Hacker “Usil” Serang Web Kemahasiswaan IPB

Jika saat ini anda mengakses situs http://kemahasiswaan.ipb.ac.id/ , anda akan menemui keanehan. Ya,situs kemahasiswaan.ipb.ac.id itu sedang diserang oleh hacker “usil” yang mengatasnamakan diri zzz {z3r0 z0n3 z3r0} |cybertemanggung. Sampai berita ini diturunkan, akses ke situs Kemahasiswaan IPB tersebut belum juga bisa diakses dengan normal.

Selain itu, terjadi juga gangguan pada akses ke situs www.ipb.ac.id. Semoga perilaku “usil” yang tidak bertanggungjawab ini tidak terjadi lagi dan menjadi pembelajaran bagi IPB untuk terus meningkatkan proteksi pada web IPB. KK/Sir

Beasiswa PPA dan BBM tak kunjung “turun”….

Beasiswa PPA dan BBM tak kunjung “turun”….

Aksi panggung salah satu peserta Ladang Seni

Aksi panggung salah satu peserta Ladang Seni

Ladang Seni: Musik Untuk Bumi

Genset menderu syahdu di sore itu. Temaram cahaya pelita bertebaran di sekitar selasar GWW. Tertanggal 12 Mei 2010, Komunitas Ladang Seni menggelar wahana apresiasi seni bagi mahasiswa IPB. Di malam yang basah pasca hujan itu, IPB kembali dihangatkan sajian musikal mahasiswanya. Sebanyak 15 kelompok musik asli kampus hijau berhasil menggetarkan rumah mereka.

Setelah MC membuka acara, penampilan tari saman mengawali event bertema “Musik untuk Bumi” itu. Semangat nasionalisme memang terasa kental di periode awal acara, karena selain tari saman, Zara yang tampil di urutan kedua juga membawakan lagu tradisonal khas Batak. Quadran pun mampu membuat selingan segar dengan distorsi yang diiringi aksi shreder-nya. Hembus nafas nasionalisme tidak serta merta lenyap pasca performa Quadran. Auxis mampu mengembalikan lagi semangat merah putih melalui lantunan “Indonesia Pusaka”-nya.

Aura Indonesiana mulai menghilang setelah The Yayi naik tahta. Band yang namanya terinspirasi dari nama seorang dosen ini berhasil menghantarkan untaian nada melodius di hadapan puluhan audiens. Setelah The Yayi, sebuah band yang dihuni para mahasiswa TPB mulai unjuk gigi. Old School, demikian mereka mengklaim namanya. Dengan dress code serba hitam, mereka seakan berkata bahwa IPB tak perlu khawatir karena masih ada mahasiswa muda yang berani berbunyi. Selain sajian musikal, panitia juga menghadiahkan kaos yang diberikan sebagai door prize untuk para pengunjung. Setelah berbagi rejeki, giliran Marcel unjuk kebolehannya. Gitaris yang telah menjuarai berbagai kompetisi ini khusus diundang ke IPB untuk menghibur dengan keahlian memainkan gitarnya yang skillful.

Keyboard yang sejak tadi tidak difungsikan akhirnya berbunyi setelah Clumsy Little Boy menjamah selasar yang terlihat bak panggung kecil itu. Lengkingan synth dan brass kerap terdengar selama mereka beraksi. Bada pop punk khas Clumsy Little Boy berkumandang, kini giliran rock N roll The Sigit yang dinyanyikan dengan apik oleh Toge feat Goreng. Lalu disambung skuad Destrait yang menyindir sosok wanita korban pergaulan bebas melalui lagu “Putri” milik Jamrud. Setelah Destrait, PhD melanjutkan tugas mewarnai malam. Berlanjut setelah PhD, blablabla memacu distorsi yang kemudian dilanjutkan High Volt. Setelah High Volt berjaya diatas pentas, giliran para pemuda bertopeng mengguncang malam. Unholy Vein, itulah nama band dari keempat mahasiswa IPB yang memainkan musik metal itu. Setelah Unholy Vein memanaskan malam dengan aksi enerjiknya, Cekiber Kisut bertugas sebagai netralizer. Suasana yang semula panas menjadi lebih sejuk. Namun ritme dinamika panggung kembali bertempo tinggi. Scars dengan jaya wijaya menutup acara dengan lagu-lagu Avenged Sevenfold. Audiens turut bergerak motil selama mereka beraksi. Dengan berakhirnya lagu kedua Scars, maka berakhir pulalah acara yang diprakarsai Komunitas Ladang Seni itu. Dalam sambutan penutupannya, Tison sebagai wakil dari pihak Ladang Seni menyatakan bahwa salah satu tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai ajang apresiasi sekaligus pencarian bakat yang dimiliki mahasiswa IPB. Semoga tujuan besar itu benar-benar tercapai.

Ladang Seni adalah salah satu komunitas yang ada di IPB. Komunitas yang berdiri pada akhir tahun lalu itu dihuni para pecinta seni kampus rakyat ini. Acara “Musik untuk Bumi” adalah kegiatan kedua mereka yang terlaksana sebagai wujud kontribusi terhadap kemajuan apresiasi seni di IPB. Musik untuk Bumi awalnya akan dilaksanakan tanggal 7 Mei di tempat yang sama. Namun karena kendala perizinan, gelaran apresiasi seni itu baru terlaksana 5 hari kemudian. Meski demikian, esensi berkesenian yang ditampilkan komunitas ini tidak berkurang. Selain Ladang Seni, komunitas lain yang juga bervisi dalam pencapaian apresiasi seni diantaranya adalah Komunitas Jepang Onigiri, Komunitas Masyarakat Rumput dan Komunitas Wahana Telisik Sastra. Beberapa minggu sebelum Ladang Seni beraksi, Komunitas Jepang Onigiri telah menggelar Chibi Matsuri. Sementara beberapa bulan mendatang, Komunitas Masyarakat Rumput akan menggalang perkumpulan seniman teater seluruh Indonesia. Demikian pula dengan Komunitas Wahana Telisik Sastra, komunitas ini akan kembali menggelar Ruang Apresiasi Seni dan Sastra (RASSA) tanggal 31 Mei mendatang di ruang Pinus 2. Ragam komunitas dan kegiatannya tentu harus diapresiasi karena keberadaannya dapat menambah khazanah dinamika pergerakan mahasiswa di IPB. Eja/KK

Jangan Heran Kalau Akses Internet (IPBNet) Down

Semua civitas akademik IPB yang akan browsing atau menggunakan fasilitas layanan internet kampus IPB (seperti WiFi) harus siap-siap ngenet di warnet atau menggunkan modem pribadinya. Seperti yang diberitakan pada situs IPB (www.ipb.ac.id), DKSI IPB akan melakukan upgrade router border IPBNet pada tanggal 24 dan 25 April 2010 yang kemungkinan akan mengganggu layanan koneksi internet kampus IPB selama proses upgrade berlangsung. Semoga upgrade router border IPBNet ini membuat layanan internet semakin baik.

Ngaret Satu Jam, Audiensi Masalah Autodebet SPP Hasilkan Putusan Baru

Audiensi antara pihak Rektorat IPB dengan mahasiswa gagal autodebet yang harusnya berlangsung pukul 15.30 sore tadi (30 Maret 2010) harus ngaret sekitar satu jam. Pihak rektorat beralasan sedang melangsungkan rapat dengan para dekan untuk membahas mahasiswa yang gagal autodebet. Audiensi yang dihadiri ratusan mahasiswa IPB ini dihadiri oleh beberapa perwakilan rektorat antara lain Bapak Drajat (perwakilan dari  Dit. AP) dan Bapak Agus (perwakilan dari Dit. Keuangan IPB).

Read More

Randy Swandaru (wakil IPB) masuk nominasi empat besar The Most Favorite Video dalam ajang Nu Green Tea Nite Award malam ini.

18 Inovasi IPB Dapatkan Granted Paten

Institut Pertanian Bogor (IPB) sampai tahun 2009 telahmendaftarkan 155 inovasi ke Ditjen HKI Kementerian Hukum dan HAM RI. Jumlahtersebut tertinggi di Indonesia untuk kalangan perguruan tinggi. Awal tahun2010, dari inovasi yang didaftarkan, sebanyak 18 inovasi IPB berhasilmendapatkan Granted Paten.

Kabar gembira tersebut disampaikan oleh Direktur Riset danKajian Strategis IPB, Dr.Ir. Iskandar Siregar saat membuka acara PelatihanPenelusuran dan Penulisan Dokumen Paten Untuk Meningkatkan Daya Saing HasilPenelitian dan Pengembangan di Cyber FKH, IPB (25/3). “Ini merupakan hasil dariupaya-upaya kami dalam memperlancar dan mempercepat inovasi-inovasi IPB untukmendapatkan hak paten,” ujarnya.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuaninventor (penemu di bidang teknologi) IPB dalam menulis dokumen paten denganmengundang pembicara langsung dari pemeriksa paten Ditjen HKI. Selain menggelarpelatihan tersebut, salah satu upaya yang telah dilakukan sejak tahun 2009 yaknimemediasikan atau mempertemukan secara langsung antara inventor yang sudahmengajukan paten dengan pemeriksa paten dari Ditjen HKI-KemenkumHAM.

“Hasil yang kami dapatkan sangat memuaskan. Selama iniinventor dari IPB mengalami kesulitan substansi dalam mengajukan paten sehinggajarak pendaftaran paten sampai disahkan bisa mencapai puluhan tahun. Denganadanya mediasi ini, 18 invensi dari IPB sudah berhak mendapatkan imbalan berupapaten,” tambahnya.

Dari dana kerjasama penelitian (nasional maupuninternasional) yang diterima IPB sebesar 53,18 Milyar, Dr. Iskandar berharapoutput yang dihasilkan selain menjadi bahan ajar atau buku perkuliahan juga mampumeningkatkan publikasi internasional serta meningkatkan jumlah paten IPB.Output tersebut merupakan indikator penting untuk meningkatkan rangking IPBdalam World Class University. Menurutnyaperguruan tinggi dituntut untuk menghasilkan inovasi yang dapat dipublikasikankepada masyarakat baik nasional maupun internasional.(zul)

Daftar Permohonan Paten IPB yang telah Granted

 

No

Judul

Nama Inventor

No. Registrasi/Paten

  

1.     

KomposisiPermen Cajuput untuk Pelega Tenggorokan

Prof.Dr. C. Hanny Widjaja

Halimah,S.TP

Kindly,S.TP

Ir.Fahim M. Taqi

ID0 000 385 S

2.     

KomposisiZat Pengatur Tumbuh untuk Meningkatkan Produksi Umbi Mini Kentang

Prof.Dr. Nurhayati Ansori Mattjik

Prof. Dr. G.A. Wattimena

Dr. Agus Purwito

ID0 000 412 S

3.     

Proses Produksi Sari Buah Pala Instan

Dr.Sugiyono, M.App.Sc

Ir.Hanifah N. Lioe

SitiNurjana, S.TP

AsepWawan Permana, S.TP

Susanti

NiNengah Lasmiati

ID0 000 418 S

4.     

ProsesProduksi dan Pemurnian Selulosa Mikrobial untuk Membran Mikrofiltrasi

Prof.Dr. Ani Suryani

Dr.H. A. Aziz Darwis

Prof.Dr. Khaswar Syamsu

Ir.Desi Yarni

ID0 000 619 S

5.     

ProteaseRekombinan dari Bacillus pumilus Lokal

Prof.  Dr. Maggy T. Suhartono

ID0 000 821 S

6.     

Proses Mempertahankan Senyawa Sulfur pada Tepung BawangMerah

Dr. Indah Yuliasih

Ir. M. Zein Nasution, Mapp.Sc.

Ir. Sugiarto, M.Si

ID0 021 587

7.     

FormulasiBumbu Bubuk Bawang Putih Siap Pakai dan Proses Pembuatannya

Prof.Dr. C. Hanny Widjaja

EllyHerman, S.TP

Ir.Robert Wardoyo, M.Agr

ID0 020 829

8.     

KolamBudidaya dengan Media Air dan Metoda untuk Membangunnya

KarelHermanus Stroethoff

Dr.Bambang Widigdo

Auladi

ID0 009 839

9.     

FormulasiBakteri untuk Meningkatkan Kebugaran Tanaman dan Menghambat Penyakit BisulBakteri

Prof.Dr. Antonius Suwanto,

Dr.Budi Tjahyono

AndiKhaeruni, MS

ID 0 018 921

10.  

Komposisi dan Proses Pembuatan Flavor Daging AyamGoreng untuk Mie Instan

Dr. Anton Apriyantono

Arief Budiman

Asep Rahmat S

Eni Nurkhayani

Mike Widiasmara

Hadrian Siregar

ID00 19466

11.  

Komposisi Minuman Kesehatan dari Rempah-Rempah danProses Pembuatannya

Dr. Sedarnawati Yasni

Hanny Srimulyani Dulimarta

ID 0017450

12.  

FormulaVaksin Coccidia yang Mengandung Eimeria Isolat Indonesia untuk Ayam

Dr.Umi Cahyaningsih

ID0016143

13.  

ProsesPembuatan Bioplastik dari Polihidroksi Alkanoat dengan Fermentasi Ralstoniaeutropha pada Hidrolisat Minyak Sawit

Prof. Dr. Khaswar Syamsu

Prof.Dr. Ani Suryani

Dr.Anas M. Fauzi

Ir.Bagus WD. Wicaksono

ID0 022 460

14.  

ProsesProduksi Gelatin dari Kulit Sapi Menggunakan Metoda Ekstraksi Bertahap

Prof. Dr. Erliza Hambali

Prof.Dr. Ani Suryani

ID00 18918

15.  

SuplemenOmega-3 pada Pakan Ayam untuk Produksi Telur DHA

Prof. Dr. Iman Rahayu HS

Dr. Komari

ID P 0023652

16.  

Makanan Cepat Saji dari Talas

Dr.Sugiyono, M.App.Sc

AsepW.P., S.TP

YoseRudolf

HidayatIbnu Tjahyadi

DianHerawati, S.TP

AryaniKusumaningrum

ArtikIsnaeni

DenaTriyana

IDP 0024495

17.  

Sistem Resirkulasi dan Sistem Penghangatan Air untukPembenihan Ikan

Prof. Dr. Budi Indra Setiawan

Dr. Leopold O. Nelwan

Rudiyanto, S.TP

M. Bagus Hermanto, S.TP

Parma

IDP 0024637

18.  

Bandotan(Ageratum conyzoides) dalam Pakan Ayam untuk Mencegah Eimeria sebagaiPenyebab Koksidiosis

Dr.Umi Cahyaningsih

P00200500008

source: www.ipb.ac.id

Info Bagi Mahasiswa Yang Gagal Autodebet

Mengundang kepada mahasiswa yang gagal autodebet untuk hadir besok Rabu 31 maret 2010 di Gedung Andi Hakim Nasution (Audit Rektorat) pukul 15.30 wib untuk audiensi dengan pihak rektorat. source: bemkmipb.tumblr.com